Bisnis Proses PT. Bank Optimis (Persero)
Seperti yang telah saya bahas di post selanjutnya bahwa Bank Optimis memiliki beberapa departemen, yaitu antara lain:
Seperti yang telah saya bahas di post selanjutnya bahwa Bank Optimis memiliki beberapa departemen, yaitu antara lain:
·
Departemen Purchasing
·
Departemen Marketing
·
Departemen HRD
·
Departemen CRM (Customer Relationship Management)
·
Departemen Finance
Semua departemen ini tentunya saling berkaitan antara satu sama lain meskipun masing-masing memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Keterkaitan antar departemen di Bank Optimis dapat terlihat dari bisnis proses di bawah ini.
Dalam bentuk .bpm Klik Disini
1. Masuk ke: http://128.199.81.246:8069 kemudian pilih database
sesuai PT yang dikelola (dev-1), lalu sign in
2. Kemudian pilih menu Purchase,
sehingga muncul tampilan sebagai berikut.
3. Beberapa menu yang
terdapat pada modul ini, antara lain:
3.1. Purchase
Pada menu ini, kita dapat
membuat Request for Quotation, Purchase Order (PO), serta dapat melihat
dan membuat daftar supplier.
3.1.1. Request for
Quotation & Purchase Order
Quotation adalah
Purchase Order dengan state Draft.
Pada sub menu Request
for Quotation ini terdapat beberapa bagian yang perlu diisi, yaitu:
1. Nama supplier
2. Supplier Reference:
bisa diisi dengan nomor Sales Order (Quotation) dari Supplier
3. Tanggal Order
4. Tujuan Gudang
penerimaan
5. Daftar produk
6. Tab Deliveries dan
Invoices.
Pada tab ini ada beberapa
info yang perlu diisi:
(1) Tanggal penerimaan
yang diharapkan
(2) Masukkan tujuan
lokasi pada field Destination
(3) Invoicing Control/Metode
penerimaan invoice:
- Based on Purchase Order Lines:
Invoice diterima untuk setiap produk yang dibeli
- Based on Generated Draft Invoices:
Invoice diterima untuk keseluruhan dokumen PO
- Based on Incoming Shipments:
Invoice diterima untuk setiap penerimaan barang dari supplier
(4) Payment Term
7. Informasi tambahan (Term
and Conditions)
8. Klik tombol Confirm
Order. Jika total amount melebihi minimum amount yang memerlukan approval, maka
state selanjutnya adalah Waiting for Approval. Jika tidak status langsung
berubah menjadi Purchase Order dan siap untuk dilakukan penerimaan barang atau
tagihan.
9. Klik tombol Print
untuk mencetak
10. Kirim melalui email
11. Membatalkan pembelian
dan mengubah status menjadi Cancel
3.1.2. Supplier
Pada sub menu ini kita
dapat menambahkan dan melihat supplier
Untuk menambah supplier,
kita hanya perlu meng-klik create
3.2. Incoming Products
Secara default hanya
menampilkan barang yang belum diterima.
Dapat pula membuat incoming
product baru dengan klik create:
3.3. Invoice Control
Sub menu ini untuk
membuat draft invoice untuk setiap Purchase Order sesuai invoicing control dari
masing-masing PO. Invoice hanya bisa divalidasi oleh pihak keuangan.
3.3.1. On Draft
Invoice
Menu ini menampilkan
semua invoice yang sudah pernah dibuat apapun jenis invoicing control nya.
Secara default hanya draft invoice saja yang ditampilkan.
Tetapi kita dapat
menghapus filter di atas untuk mendapatkan semua daftar invoice.
3.3.2. On Purchase
Order Lines
Jika invoice control
adalah Based on Purchase Order Lines, maka kita bisa buatkan invoice dari baris
produk yang dibeli di PO. Contoh:
3.3.3. On Incoming
Shipment
Jika invoice control
adalah Based on Incoming Shipment, maka dapat dibuat draft invoice melalui
daftar penerimaan barang yang sudah dilakukan.
3.4. Products
Pada sub menu ini dapat membuat daftar produk yang diperlukan dan melihat produk yang dimiliki oleh Bank Optimis
Untuk membuat daftar produk baru, cukup klik create
Sekian untuk post-an saya kali ini. Terimakasih telah berkunjung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar