Kamis, 24 Maret 2016

Tugas ERP T04 tentang BISNIS PROSES PURCHASE #ERPT04B

Bisnis Proses Purchase dalam bentuk
PT Bank Optimis, Tbk adalah salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia.Bank Optimis menawarkan produk berupa jasa secara lengkap di bidang perbankan untuk nasabah perseorangan maupun nasabah bisnis di seluruh Indonesia. Perusahaan ini juga melayani klien internasional dengan anak perusahaan, cabang dan kantor perwakilan di London, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Timor Leste, dan Shanghai. Bank Optimis memiliki beberapa department sebagai berikut:
  • Departemen Purchasing
  • Departemen Marketing
  • Departemen HRD Karyawan (Gaji)
  • Departemen HRD Penerimaan Karyawan
  • Departemen Accounting
  • Departemen CRM (Customer Relationship Management)
Purchasing Department itu apa sih??

Purchasing atau sesuai namanya yang diambil dari bahasa inggris yakni purchase yang artinya beli, jadi secara arti kata purchasing adalah sebuah bagian dalam perusahaan yang bertugas dalam hal pembelian.

Kegiatan pembelian merupakan salah satu fungsi dasar dari sebuah perusahaan, fungsi pembelian ini dikatakan dasar karena suatu perusahaan tidak akan dapat beroperasi dengan baik tanpa adanya fungsi tersebut. Fungsi pembelian ini sangat penting untuk dikelola dengan sungguh-sungguh karena ruang lingkup dari pembelian tidak hanya sebatas bagaimana manajemen berhasil menerapkan suatu mekanisme pengadaan barang secara tepat waktu dan sesuai dengan target harga, namun lebih jauh lagi adalah bagaimana menetukan strategi kemitraan antar perusahaan yang efektif.

Dalam penerapannya, secara sekilas fungsi pembelian terlihat sederhana namun pada kenyataannya terdapat suatu hal tertentu yang harus diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan karakteristik barang yang dibutuhkan dan faktor-faktor eksternal di sekitar perusahaan.Oleh karena itulah manajemen dalam pembelian penting untuk diterapkan dalam perusahaan.


Departemen Purchasing PT. Bank Optimis Tbk. dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian Inventory Control, Buyer, dan Vendor Management. Untuk job description masing-masing bagian tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Bagian Inventory Control
1. Melakukan pemesanan barang untuk barang consummable
2. Mengontrol jumlah stok barang yang ada
3. Melakukan penerimaan barang yang di pesan

Bagian Buyer
1. Melakukan pemesanan barang
2. Mencari referensi Vendor untuk turut serta dalam tender (pengajuan quotation)
3. Melakukan komparasi harga, kualitas barang, dan layanan pra/purna jual vendor

Bagian Vendor Management
1. Mengontrol barang yang dipesan
2. Memberikan reward/punishment terhadap vendor yang berprestasi/bermasalah
3. Memberikan rekomendasi kepada buyer untuk mencari vendor lain jika vendor yang ada bermasalah

.pdf Klik Disini dan
.dok Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar